Belum tau alat tulis zaman dulu ?

Zaman sekarang tinggal beli dengan uang  Rp. 1000 udah dapet bolpoin di toko-toko alat tulis. Coba zaman dulu apa ada yang jualan juga? atau belum ada alat tulis?
Alat tulis pertama yang dibuat bangsa Sumeria di Mesopotamia sekira 5000 tahun silam. Berbagai alat tulis diciptakan, mulai pena bulu ayam dan kemudian berkembang hingga sekarang menjadi beragam pena bolpoin. Berikut ini beberapa jenis alat tulis tersebut:

Quill, pena bulu ayam
Bulu lebar dengan tangkai cekung (calamus) yang runcing pada titiknya dan dicelupkan ke dalam tinta untuk menulis, dan digunakan sejak Abad Pertengahan.









Writing brush, kuas tulis
Bulu sintetis atau bulu alami yang cara menulisnya menggunakan tangan dan dicelupkan ke dalam tinta. Alat ini telah digunakan pada kaligrafi Cina lebih dari 4000 tahun lalu.










Egyptian reed pen
Pena buluh Mesir, buluh kecil yang runcing ujungnya, untuk melukis hieroglif pada lempung tanah liat atau untuk menulis pada daun lontar dengan tinta.











Roman metal pen, pena baja Romawi
Alat tulis dari bahan logam, ditemukan oleh orang Roma pada zaman dahulu kala, cikal bakal pena logam modern yang mulai dikenal pada abad ke-19.








Lead pencil, pensil penunjuk
Pensil bujur dengan ujung penuh hiasan, pertama kali digunakan pada Abad Pertengahan, kemudian diganti dengan pensil arang keras.









Stylus, stilus, alat dari timah berujung
Digunakan zaman Yunani kuno untuk menggores lembaran lilin, ujungnya yang rata unntnuk menghilangkan etsa (goresan).







Steel pen, pena baja
Ujung bulatan garis pada pegangan, dicelupkan ke dalam bak tinta untuk menulis. Pada perkembangan berikutnya, berbagai inovasi alat-alat tulis dibuat, misalnya fountain pen (pena); ballpoint pen (pena bolpoin); marker (petunjuk berwarna); propelling pencil (pensil mekanis); pencil (pensil); bahkan refill (isi ulang) tinta.



 sumber : http://www.kaskus.us
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...