Apa perbedaan anjing laut dan singa laut ?

Kalo dilihat dari gambar disamping memang keduannya mirip. Tapi mereka mempunyai beberapa perbedaan, salah satunya dari namanya juga sudah beda. Perbedaan lainya yaitu dari :

Telinga
Anjing Laut sejati memiliki ciri utama, yaitu mereka tidak memeiliki daun telinga, sedangkan Singa Laut memiliki telinga eksternal atau daun telinga. Nama Otarrid (singa laut) berasal dari bahasa Yunani yang berarti "telinga kecil". meskipun daun telinganya sangat kecil tetapi pendengaran mereka sangat baik.

Rambut/buluh
Keluarga Singa Laut dibedakan menjadi dua, Singa Laut dan Anjing Laut berbuluh (fur seals).
Anjing Laut berbuluh jantan memilki surai tebal di sekeliling leher mereka layaknya Singa jantan, surai ini membuat Anjing Laut berbulu tampak besar dan kuat. Anjing Laut berbuluh memiliki tampilan buluh yang lebih banyak, padat, dan halus pada bagian bawahnya dibanding Singa Laut, tapi ukuran Singa Laut lebih besar dibanding Anjing Laut berbuluh.
Anjing Laut juga memiliki buluh, tapi buluh Anjing Laut sangat halus dan lebih pendek dibanding Singa Laut.

Cara berjalan 
Sirip-sirip yang dimiliki Singa Laut dan Anjing Laut di gunakan untuk berenang.
Sirip belakang pada Anjing Laut terikat pada panggul, sementara sirip depan tidak dapat menapak sempurna ke tanah, karena itu Anjing Laut tidak dapat berjalan sempurna di darat, harus menggeliat seperti ulat dengan bantuan sirip depan dan otot perut saat bergerak di darat.
Sirip Singa Laut panjang dan berotot sehingga mampu berjalan dengan sempurna saat berada di daratan, oleh sebab itu Singa Laut di sebut juga "walking seals" atau "anjing laut berjalan".
Singa Laut umumnya di anggap kurang sesuai untuk hidup di air karena mereka menghabiskan banyak waktunya di darat daripada Anjing Laut. 

Cara berenang 
Anjing Laut sejati menggunakan sirip belakang sebagai alat untuk berenang, sementara sirip depannya di gunakan sebagai alat kemudi, saat berenang mereka terlihat meliuk-liukan tubuhnya.
Sedangkan Singa Laut menggunakan sirip depan sebagai alat untuk berenang, sedangkan sirip belakang di gunakan sebagai alat kemudi, atau sebaliknya dari cara berenangnya Anjing Laut.
Kemampuan berenang Singa Laut lebih banyak mengunakan siripnya dari pada meliuk-liukan tubuhnya seperti Anjing Laut.

Sirip
Kaki depan dan kaki belakang Singa Laut dan Anjing Laut termodifikasi sebuah sirip, kuku yang ada pada sirip mereka digunakan untuk menggaruk, memanjat dan sebagai pertahanan diri.

Sirip Singa Laut 
Depan     :  Besar, berotot, bentuknya seperti sayap
                  dan memiliki lima buah jari tanpa kuku
                  dengan panjang yang berbeda-beda, dan
                  diselimuti rambut/buluh. 
Belakang : Memiliki lima buah jari yang sama
                  panjang, berselaput, terdapat tiga buah
                  kuku dan bisa diputar kedepan

Sirip Anjing Laut 
Depan     : Pendek, berselaput, memiliki lima buah
                 jari berkuku yang sama panjang dan di
                 selimuti buluh.
Belakang : Memiliki lima jari berkuku dan
                 berselaput, dimana jari ke-1 dan ke-5
                 lebih panjang dari ke-3 jari lainnya dan
                 diselimuti buluh. saat di bentangkan sirip
                 belakangnya mirip sebuah kipas.
                 Sirip belakang Anjing Laut selalau
                 menghadap ke belakang karena tidak
                 dapat diputar.

Cara berdiri 
Singa Laut mampu menopang tubuhnya dengan sirip-sirip yang dimilikinya, mereka mampu menegakan tubuhnya dan mampu berjalan di darat. Bahkan dalam sebuah Show Singa Laut mampu berdiri menggunakan kedua kaki depannya saja. Anjing Laut pada saat di darat terlihat seperti berbaring. 

Berkomonikasi 
Anjing Laut sejati tidak berkomonikasi dengan cara "menyalak" seperti Singa Laut. Sebaliknya mereka berkomonikasi dengan saling menampar di air dan berdengus.


sumber : http://steven-mamalialaut.blogspot.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...