Apakah burung unta bisa terbang ?

Meskipun burung ini mempunyai sayap, ia tidak dapat terbang karena tubuhnya yang berat. Walaupun tidak bisa terbang, sayapnya masih tetap berfungsi untuk menyeimbangkan tubuhnya ketika mereka berlari. Bagi burung unta jantan, sayapnya berguna untuk mencari perhatian burung unta betina.

Berat burung terbesar di dunia ini, bisa mencapai 180 kg. Sedangkan tingginya bisa mencapai 2,5 m. Walaupun burung ini tidak dapat terbang, ia bisa berlari dengan cepat. Kedua kakinya sangat kuat untuk berlari dari kejaran musuh-musuhnya. Apabila musuh burung unta mendekat, ia tidak segan-segan menendang musuhnya dengan kakinya. Padahal, jari yang ada di kakinya hanya ada dua, loh. 

Burung berleher panjang ini hidup secara berkelompok di gurun di Afrika Tengah. Sahabat Bravo! tahu tidak bagaimana burung unta ini bisa hidup di daerah yang panas dan berdebu? Ya, mereka mempunyai bulu mata yang lebat untuk menghalang debu-debu yang akan masuk ke mata. Ketika terjadi angin kencang di gurun, mereka tetap bisa melihat, loh. Ini disebabkan di matanya ada semacam cairan seperti selaput tipis yang berfungsi untuk melindungi mata mereka dari debu. Mereka juga menyimpan air di tubuhnya dari tanaman yang mereka makan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...